Periklanan (advertising) adalah bentuk- bentuk komunikasi atau
presentasi non pribadi produk atau perusahaan yang di kendalikan oleh
produsen untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Pada saat ini iklan memang menjadi alat komunikasi yang penting bagi
produsen atau perusahaan untuk dapat memperkenalkan produknya agar dapat
di kenal oleh masyarakat. Secara umum iklan memiliki fungsi dan tujuan
sebagai berikut :
Memberikan informasi
Iklan di gunakan oleh produsen atau perusahaan untuk memberikan
informasi kepada masyarakat mengenai produk perusahaan. Informasi –
informasi tersebut dapat berupa menjelaskan mengenai kegunaan,
kemampuan, cara kerja, keunggulan, kualitas, serta harga produk.
Informasi mengenai produk sangat di perlukan apalagi terhadap suatu
produk yang baru di pasarkan. Hal ini di lakukan agar konsumen
mengetahui bahwa ada produk baru. Tentunya hal tersebut juga dapat
membantu bagi produsen atau perusahaan dalam membangun citra produk.
Membujuk
Bentuk periklanan ini bersifat membujuk masyarakat untuk melakukan
pembelian terhadap produk atau merek perusahaan dan kemudian melakukan
pembelian ulang. Tujuannya adalah menciptakan permintaan terhadap produk
atau merek tersebut. Hal ini tentu penting bagi produk pada masa
persaingan. Dengan berusaha untuk meyakinkan akan keunggulan produk atau
merek perusahaan terhadap produk pesaing dan di harapkan dapat mengubah
persepsi masyarakat terhadap produk atau merek perusahaan sehingga
dapat membujuk masyarakat untuk segera melakukan pembelian serta
membujuk konsumen pesaing untuk berpindah ke merek perusahaan.
Mengingatkan
Yaitu iklan yang bertujuan mengingatkan kembali kepada masyarakat
terhadap produk atau merek perusahaan. Ketika masyarakat membutuhkan
produk atau merek tertentu, maka mereka akan mengingat produk atau
merek perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya sekarang dan di masa yang
akan datang. Periklanan ini sangat bermanfaat bagi produk yang berada
pada tahap kedewasaan. Selain itu, bentuk periklanan ini juga berusaha
untuk memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa pilihannya tepat.
Memberikan Nilai Tambah
Dengan iklan yang efektif dapat memberikan nilai tambah terhadap produk
atau merek tertentu sehingga produk atau merek tersebut dapat
dipersepsikan lebih mewah, lebih modern, lebih fleksible, lebih bergaya
dan lebih bergengsi. Sehingga secara keseluruhannya produk tersebut
dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen jika di bandingkan
dengan produk pesaing.
Mendukung Usaha Promosi Lainnya.
Iklan juga dapat di gunakan untuk membantu meningkatkan komunikasi
produk dalam bentuk sales promotion serta membantu pemasaran produk
dalam bentuk komunikasi promosi yang lainnya.
Dari penjabaran mengenai fungsi dan manfaat iklan secara umum dapat di
ketahui bahwa iklan memiliki peranan yang sangat penting bagi suatu
perusahaan dalam memasarkan produk barunnya agar dapat di kenal oleh
masyarakat. Dengan menggunakan media iklan, memberikan informasi kepada
masyarakat dapat lebih efektif dan dengan biaya yang relative murah.
Tujuan akhir dari periklanan adalah menciptakan mega brand. Tetapi bagi
kebanyakan produsen atau perusahaan yang produknya telah menjadi mega
brand, mereka menurunkan kualitas produknya sedikit demi sedikit.
Akibatnya konsumen akan beralih ke produk lain. Sehingga penting bagi
produsen untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas produknya
dan terus berinovasi dengan terus menciptakan produk yang sesuai dengan
harapan konsumen , dapat pula dilakukan dengan cara membuat tampilan
produk se-unik mungkin. Sehingga menjadi suatu ciri khas dari produk dan
akan selalu di ingat oleh masyarakat.
Sumber : Google.2010 “ Fungsi dan Tujuan Iklan”. Dalam http://www.google.com
Universitas Gunadarma.1993.Dasar Pemasaran.Jakarta:UG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar